Laman

TAHUKAH ANDA ??? SAINA NEHWAL

Nama wanita dari India ini sudah sangat terkenal di dunia bulutangkis, apalagi di Indonesia.  Wanita kelahiran Hisar, India tanggal 17 Maret 1990 (25 tahun) silam ini telah menjuarai turnamen bulutangkis Indonesia Terbuka sebanyak 3 kali. Dan saat ini SAINA NEHWAL menduduki ranking 1 BWF untuk tunggal wanita (daftar peringkat per 16 April 2015).


Pada penyelenggaraan Indonesia Terbuka tahun 2009, Saina Nehwal membuat kejutan. Karena sebagai pemain non unggulan, wanita yang mempunyai tinggi badan 165 cm ini berhasil maju ke final, dan kemudian menjadi juaranya.

Pertama kali berkenalan dengan bulutangkis, atlit bulutangkis no. 1 India ini harus pergi sejauh 20 km untuk berlatih badminton selama 2 jam, dan dilanjutkan untuk belajar di sekolah formal.  Tetapi kerja kerasnya dan dukungan penuh dari orang tua tercinta, yang rela pindah rumah supaya dekat dengan tempat latihan sang putri berbuah manis.  Sudah banyak turnamen bulutangkis internasional yang sudah dia juarai.  Terakhir Saina menjuarai Yonex Sunrise India Open bulan Maret 2015 lalu.

Tetapi tahukah anda selain sudah terkenal di Indonesia karena 3 kali menjuarai Indonesia Terbuka, sang juara dari India ini ternyata pernah mempunyai pelatih dari Indonesia, yaitu Atik Jauhari. Beliau menjadi pelatih di India dengan masa kontrak tahun 2009 sampai dengan tahun 2010.  Dan hasilnya melatih di India adalah 2 bintang bulutangkis yang menjadi 10 besar ranking dunia untuk tunggal putra & putri  yaitu Srikanth Kidambi (putra/ranking 4 dunia per 16 April 2015), dan Saina Nehwal (putri/ranking 1 dunia per 16 April 2015).

Sayang ya kalau kita mempunyai banyak pelatih bagus yang menghasilkan pemain-pemain bulutangkis terbaik dunia, tetapi ternyata saat ini prestasi tunggal putra dan putri kita (terutama putri) ternyata sangat merosot jauh.


Penulis :  Aria (Head Coach PB. GATRA ZZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar