Laman

2 RAHASIA UNTUK MENGUASAI PERMAINAN TUNGGAL DI BULUTANGKIS

Di era tahun 2004 sampai dengan tahun 2014, kita tentu sudah sangat mengenal Lin Dan (China) & Lee Chong Wei (Malaysia).  Dimana pada era tersebut keduanya adalah jawara bulutangkis untuk tunggal putra.  Hampir semua pesaing-pesaing mereka, dikalahkan oleh kedua atlit tersebut.  Dan kedua atlit tersebut sudah sering saling mengalahkan satu sama lain.

Lin Dan

Tetapi jangan dikatakan mudah untuk menjadi jawara bulutangkis di sektor tunggal seperti mereka. Karena banyak hal yang harus kita perhatikan selain berlatih tehnik, berlatih fisik, mengerti strategi & tahan mental.  Sangat jauh berbeda persiapan yang harus dilakukan oleh pemain tunggal di banding pemain ganda tentunya.

Untuk tunggal bulutangkis, wajib bagi pemainnya untuk menguasai seluruh lapangan, sedangkan untuk ganda, kita dapat berbagi tugas dengan rekan kita untuk menguasai lapangan.

Hasil gambar untuk gambar permainan tunggal bulutangkis


Dengan keadaan diatas, sangat perlu di latih oleh pemain tunggal khususnya, yaitu 2 faktor rahasia penting.  2 rahasia ini menjadi sangat penting bagi pemain tunggal.  Apa 2 rahasia yang menjadi begitu penting untuk seoraang pemain tunggal?

1.  Footwork

Footwork adalah salah satu rahasia keberhasilan seorang pemain tunggal bulutangkis.  Tanpa menguasai footwork yang sempurna, jangan berharap anda dapat menguasai lapangan bulutangkis untuk tunggal, yang berarti anda jangan berharap untuk menjadi jawara tunggal bulutangkis.

Hasil gambar untuk gambar permainan tunggal bulutangkis

Untuk itu para pelatih dan pemain harus sadar, bahwa mereka harus memberikan untuk mempunyai porsi latihan yang ekstrim untuk menyelaraskan footwork dan fisik.

Footwork adalah bagaimana cara anda menguasai lapangan dan mengusai bola dengan "tehnik melangkah" bukan dengan berlari.  Hal yang paling dasar untuk memahami footwork ini adalah, jika anda bermain dengan tangan kanan (bukan kidal), maka paksa kaki kanan anda di depan saat anda mengambil atau memukul bola dengan cara melangkah bukan berlari.  Ini harus selalu dilakukan baik anda mengambil bola di bagian kanan anda atau kiri anda, kaki kanan anda memegang peranan penting, serta posisi badan akan menyelaraskannya.  Dengan latihan footwork ekstrim yang baik dan benar, anda dapat cepat menutup kekosongan lapangan anda dari incaran lawan

2.  Pegangan Grip Raket

Kemudian yang kedua yang menjadi rahasia jawara tunggal bulutangkis adalah tehnik memegang grip raket yang benar.  



Ada dua jenis pegangan grip raket yang benar yang harus anda kuasai dengan benar, yaitu untuk pukulan forehand...

Hasil gambar untuk gambar permainan tunggal bulutangkis

dan juga untuk pukulan backhand

Hasil gambar untuk gambar permainan tunggal bulutangkis

Pegangan grip menjadi sangat penting bagi jawara tunggal bulutangkis, karena dalam permainan tunggal bulutangkis hal yang paling penting untuk megalahkan lawan adalah bagaimana menempatkan bola pada tempat yang kosong.  Seperti yang sudah kita bicarakan diatas, pada permainan tunggal bulutangkis, seluruh lapangan hanya di kuasai oleh satu orang saja, yang otomatis banyak ruang yang kosong yang sangat mungkin di tempatkannya bola oleh lawan.  Penempatan bola di tempat yang kosong pada lapangan lawan adalah teori sederhana dan efektif untuk mengalahkan lawan pada permainan tunggal bulutangkis.

Untuk melakukan tersebut, wajib bagi pemain tunggal bulutangkis untuk menguasai "Tehnik memegang grip raket" yang sempurna.  Tanpa menguasai tehnik ini, anda tidak mungkin menguasai "tehnik penempat bola di tempat yang kosong" pada permainan tunggal bulutangkis ini,

Kesimpulan mengapa 2 rahasia diatas menjadi hal yang penting :

1. Footwork.  Dengan footwork kita dapat menutup kekosongan seluruh lapangan kita secara cepat,sehingga lawan sulit menempatkan bola di tempat kosong di lapangan kita.

2.  Pegangan Grip Raket.  Dengan memegang grip raket yang benar pada saat pukulan forehand atau backhand akan memudahkan kita untuk menempatkan bola secara tepat di tempat yang kosong pada lapangan lawan.

Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk para pecinta bulutangkis.  Selamat berlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar