Laman

MACAM GAYA PERMAINAN TUNGGAL BULUTANGKIS

Anda sebagai pecinta bulutangkis Indonesia pasti sudah tahu pemain yang bernama Rudi Hartono, Liem Swie King atau Susi Susanti.  Semua pemain ternama bulutangkis tersebut mempunyai masing-masing gaya dalam permainan tunggal bulutangkis.

Rudi Hartono Juara All England 8 kali
Liem Swie King Juara All England 8 kali

Susi Susanti. Juara Dunia 6 kali dan Juara Olimpiade


Ada 3 macam gaya yang dikenal dalam bermain tunggal bulutangkis, yaitu

1.  Gaya Menyerang Cepat (Penyerang)

Atlit yang menggunakan gaya ini akan banyak  melancarkan pukulan smash, drop shot, net yang dikembalikan dengan cepat, serta lob yang menyerang.  Service pendek sering digunakan, dengan menggunakan dorongan tiba-tiba.  Gaya ini menuntut permainan atau pergerakan yang cepat. Biasanya di sebut speed & power.  Dalam perhitungan rally point pada saat ini, gaya permainan ini banyak di pakai oleh pemain-pemain dunia.

2.  Gaya Gerak Tipu

Atlit sering menggunakan service tinggi (lob) yang di arahkan ke batas garis belakang lawan.  Lob yang dilakukan terarah dan dalam.  Menggunakan tehnik drop shot yang melewati tipis di atas net. Juga sering melakukan pukulan net yang tajam yang tipis di atas net dan juga kadang-kadang menyilang yang semua pukulan itu cenderung untuk menipu lawan. Atlit jarang melakukan smash, tetapi cenderung bermain rapi dan stabil dengan penguasaan lapangan yang sangat baik.

3.  Gaya Bertahan & Sederhana (Bertahan)

Atlit yang bermain dengan gaya ini, cenderung pukulannya sederhana, dan mudah dibaca oleh lawan. Sering menggunakan service panjang (lob) dan mengarah ke batas garis belakang lawan. Pukulan net yang di gunakan cenderung sederhana tidak tipis tetapi aman, dengan net lob menyilang atau lurus. Drop shotnya juga tidak tipis hanya untuk membuat lawan sering bergerak juga smash yang dilakukan apabila perlu di lakukan.  Atlit ini sering bermain panjang atau rally, karena dengan bermain sederhana dan rapi serta aman, si atlit berharap lawannya letih dan akhirnya melakukan kesalahan sendiri.


Biasanya para pemain bulutangkis dunia menggabungkan dua gaya, walaupun salah satu gayanya lebih dominan.  Susi Susanti adalah pemain dengan gaya bertahan & sederhana.  Sedangkan Liem Swie King yang terkenal dengan King Of Smah adalah pemain menyerang.

Nah sekarang, gaya permainan apakah yang cocok dengan anda atau atlit anda.  Semua berpengaruh dengan kondisi fisik si atlit, apakah atlit tersebut sanggup bertahan apabila sering melakukan smash untuk menyerang.  Apakah anda sanggup bermain rally atau panjang dengan permainan yang rapi?

Temukan gaya anda atau atlit anda sesuai dengan karakter fisik dan permainan anda.

Teruslah berlatih secara berkesinambungan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penulis :  Aria (Head Coach PB GATRA ZZ). Sumber Tan Aik Huang (Malaysia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar